Pendidikan Bela Negara PPG FKIP Unpas

 

Kegiatan Pendidikan Bela Negara di Dodik Bela Negara, Cikole Lembang, 25 – 26 April 2018

Kegiatan yang dilakukan atas kerjasama antara Universitas Pasundan dan Dodik Bela Negara dengan sasaran mahasiswa PPG Prajabatan PGSD Universitas Pasundan sebagai usaha pembelaan negara bertumpu pada kesadaran setiap warga negara akan hak dan kewajibannya. Kesadaran demikian perlu ditumbuhkan melalui proses motivasi untuk mencintai tanah air dan untuk ikut serta dalam pembelaan negara. Proses motivasi untuk membela negara dan bangsa akan berhasil jika setiap warga memahami keunggulan dan kelebihan negara dan bangsanya. Di samping itu setiap warga negara hendaknya juga memahami kemungkinan segala macam ancaman terhadap eksistensi bangsa dan negara Indonesia.

Dalam hal ini ada beberapa dasar pemikiran yang dijadikan sebagai bahan motivasi setiap warganegara untuk ikut serta membela negara Indonesia :

1)   Pengalaman sejarah perjuangan RI

2)   Kedudukan wilayah geografis Nusantara yang strategis

3)   Keadaan penduduk (demografis) yang besar

4)   Kekayaan sumber daya alam

5)   Perkembangan dan kemajuan IPTEK di bidang persenjataan

6)   Kemungkinan timbulnya bencana perang.

Dalam kegiatan ini dibuka oleh Bapak Wakil Dekan `1 FKIP Universitas Pasundan, Bapak Dr. Cartono, M.Pd., M.T.  Adapun dasar pemikiran pelaksanaan kegiatan ini yaitu : pembelaan negara atau bela negara adalah tekad, sikap dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air serta kesadaran hidup berbangsa dan bernegara.

Bagi warga negara Indonesia, usaha pembelaan negara dilandasi oleh kecintaan pada tanah air (wilayah Nusantara) dan kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia dengan keyakinan pada Pancasila sebagai dasar negara serta berpijak pada UUD 1945 sebagai konstitusi negara.

Wujud dari usaha bela negara adalah kesiapan dan kerelaan setiap warganegara untuk berkorban demi mempertahankan kemerdekaan kedaulatan negara, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, keutuhan wilayah Nusantara dan yuridiksi nasional serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *